Tips Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak3 min read

Tips Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak - Amantra Creative
Tips Merawat Komputer Agar Tidak Cepat Rusak - Amantra Creative
Waktu Baca: 2 menit

Hai Sobat Amantra – komputer saat ini merupakan kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Hampir di setiap rumah, ada personal computer, baik untuk sekolah anak atau kerja orang tua. Apalagi, bagi yang suka game online, maka komputer adalah alat perang wajib yang harus ada. Akan tetapi, dengan padatnya pemakain tentu bisa menyebabkan cepat rusak. Oleh karena itu, mari simak tips merawat komputer berikut ini.

Tips Merawat Komputer : Hardware

Hardware komputer bukanlah hal yang bisa diabaikan bergitu saja dalam perawatannya. Sebab, baik itu monitor, rangka CPU dan lainnya juga butuh diperhatikan perawatannya dengan cara seperti ini.

  • Jangan taruh rangka CPU atau Central Processing Unit pada tempat yang sempit dan lembab, serta tidak ada celah untuk membersihkannya. Sebab, debu bisa masuk dan lama kelamaan akan mengotori internalnya dan tentu saja menganggu proses pendingan oleh
  • Secara berkala, buka kerangka CPU atau Central Processing Unit bagian tutupnya, untuk membersihakn debu yang ada di dalam.
  • Rapikan kabel-kabel yang ada, agar rapi dan tidak saling menjerat. Misalnya, kabel ke arah speaker, bedakan dan buatkan alur khusus dari kabel untuk monitor.
  • Bersihkan mouse pad secara berkala, tidak perlu dicuci. Cukup pakai sikat kecil yang lembut agar performa optimal.
  • Jika pakai mouse wireless, maka cek kondisi baterai. Jangan lupa, matikan saat tidak dipakai untuk menghematnya.
  • Keyboard, apapun bentuknya. Entah yang mekanik atau yang soft, kesemuanya butuh dibersihkan celah-celahnya.
  • Bersihkan monitor dengan lap kering yang lembut. Jangan pakai air atau lap basah meski ada noda bandel. Demikian juga saat membersihkan, haruslah secara ringan dan lembut mengusapnya.
  • Cek kinerja harddisk dengan berbagai aplikasi, untuk mengetahui performanya. Jika sudah tidak 100% maka jangan gunakan untuk terlalu banyak multitasking dan program yang berat.
  • Cek kemampuan PSU melalui aplikasi atau uji coba dengan tools Ini sangat penting, karena komputer tanpa PSU yang baik, sangat berpeluang cepat rusak.
  • Cek kondisi RAM atau Static Random Access Memory (SRAM), dan bila pakai DRAM (Dynamic Random Access Memory) maka cek juga. Caranya dengan melihat kapasitas penyimpanan. Jika sudah hampir penuh segera hapus seluruh data tidak terpakai. Misalnya yang ada pada tempat sampah, history browser, donloan aneka file dan lain-lain.
  • Untuk printer, lakukan perawatan dengan mengganti cartridge dan juga uji ketajaman hasil printer. Ini berguna semacam kalibrasi agar hasil cetak tetap baik.
Baca Juga  TikTok Lite: Kelebihan dan Kekurangannya

Secara kesuluruhan, hardware sangat penting dijaga kebersihannya agar performanya optimal dan tidak cepat rusak. Demikian juga mengenai perawatan lain, seperti penggantian klip pada keyboard mekanik.

Tips Merawat Komputer : Software

Jika sudah merwat bagian hardwarenya, maka untuk software juga perlu perawatan. Misalnya saja pada bagian-bagian ini.

  • Untuk beragam program, jangan lupa cek dan update lisensi resminya secara berkala. Hindari pakai software bajakan atau crak-crakan karena berpotensi bug dan juga perentasan.
  • Jangan instal sembarnag program tanpa tahu fungsi dan keasliannya, ini berguna untuk menghindari malware yang sengaja disusupkan pada beberapa program tertentu.
  • Instal anti virus yang berlisensi resmi, baik itu berbayar atau gratis. Ini berguna untuk filter komputer dari virus-virus yang semakin hari semakin canggih.
  • Gunakan aplikasi semacam deep freez, untuk menjaga perfoma internal komputer terjaga kesehatannya.

Demikianlah tips merawat komputer baik dari sisi hardware maupun software-nya. Pada dasarnya, tidak cara perawatan yang 100% bisa menjaga kesehatan komputer. Sebab, semakin hari, semakin banyak program yang bisa saja disusupi malware oleh orang lain. Belum lagi, kualitas bahan penyusun hardware yang semakin hari semakin banyak variasi dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini