5 Strategi Sosial Media Marketing Paling Jitu3 min read

5 Strategi Sosial Media Marketing Paling Jitu
5 Strategi Sosial Media Marketing Paling Jitu
Waktu Baca: 2 menit

Strategi Sosial Media Marketing – Penggunaan akan perangkat teknologi seperti smartphone, komputer, dan tablet sangat meningkat. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan jaringan internet. Hal hal yang kiranya dapat dilakukan sangat beragam, dan media sosial adalah salah satu fitur populer yang paling sering digunakan oleh pengguna saat ini.

Sosial media adalah tempat atau wadah untuk interaksi serta bersosialisasi online tanpa tatap muka. Selain untuk bersosialisasi terdapat juga strategi Sosial Media Marketing dimana sosial media berguna sebagai media promosi.

Strategi Sosial Media Marketing

Seorang social media marketer atau orang yang biasa menggunakan promosi dengan media ini yang handal juga harus punya kemampuan menulis dan berpikir kreatif. Keahlian lain yang harus dimiliki antara lain menganalisis, menyusun strategi, serta komunikasi yang baik.

Secara sederhana, strategi Sosial Media Marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan lewat media sosial. Promosi dengan cara ini adalah sebuah aksi pembuatan konten yang gunanya menarik perhatian masyarakat. Strateginya macam macam.

1. Pelajari Selera Audiens

Pertama, lihat selera pelanggan atau audiens yang dituju. Selera audiens bisa jadi tolak ukur cocok tidaknya produk yang kita buat.

Dengan mengetahui selera target audiens, kita bisa menentukan dan menyiapkan konten menarik apa yang akan dibuat di media sosial. Semakin cocok selera pengguna medsos dengan konten yang kita sajikan, engagement pun jadi lebih besar.

2. Tentukan Platform yang Mau Disasar

Kedua, tentukan dalam platform atau media sosial mana produk akan dijual. Seperti yang kita ketahui, setiap platform memiliki fiturnya sendiri-sendiri. Hal ini akan berpengaruh terhadap pembuatan konten serta dari produk yang akan dijual.

Misalnya sebuah produk akan dipasarkan dan diunggah di Instagram. Maka, produk itu harus dipasarkan sesuai dengan masa kini atau dengan gaya milenial. Apa sebabnya? Kebanyakan Instagram dipakai oleh para milenial, sehingga kontennya harus disesuaikan target.

Baca Juga  Mengapa Orang Rela Habiskan Miliaran Uang untuk NFT (Non-Fungible Token)?

3. Ciptakan Konten yang Menarik

Konten yang menarik harusnya dapat menghasilkan peningkatan engagement dan sharing. Dengan konten yang menarik, audiens dapat bergerak membeli atau menggunakan produk yang dipasarkan.

Untuk menciptakan atau membuat konten yang menarik, kita tentu harus melakukan riset dulu. Cari tahu konten apa saja yang dibutuhkan dan disukai oleh audiens . Misalnya audiens di instagram lebih suka konten video, kita bisa fokus menciptakan video-video yang menarik.

4. Jadwalkan Waktu Posting

Atur kapan waktu yang pas untuk menjual serta mengunggah produk, dengan cara melihat kapan biasanya orang-orang aktif di media sosial.

Misalkan, sesuaikan jam ketika upload konten. Upload ketika jam berangkat maupun istirahat kerja karena orang lebih aktif di jam tersebut. Jangan mengunggah ketika jam 9 malam keatas saat orang tidur. Kemungkinan orang sudah banyak tertidur sehingga tidak bisa langsung melihat kontenmu.

5. Evaluasi

Media sosial akan menyajikan data-data yang akurat mengenai keberhasilan dalam proses kreasi konten dan juga marketing. Data-data ini dapat digunakan sebagai pembelajaran serta persiapan strategi Sosial Media Marketing yang lebih baik kedepannya.

Faktor-faktor lain yang bisa jadi tolak ukur keberhasilan promosi ini diantaranya ada jumlah orang yang melihat konten, jumlah followers (pengikut) yang didapat, serta seberapa banyak orang mengunggah ulang konten yang dibuat.

Nah, itu dia serba-serbi serta beberapa tips dan strategi Sosial Media Marketing dan tambahan tips suksesnya. Banyak sekali tips yang sekiranya bisa diterapkan di dalam bisnis kita. Semoga informasi diatas bermanfaat ya dan jangan lupa dicoba ya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini