Tips Membersihkan Virus di Gadget Dijamin Ampuh3 min read

Membersihkan Virus di Gadget
Membersihkan Virus di Gadget
Waktu Baca: 2 menit

Membersihkan Virus di Gadget Perangkat atau komponen elektronik dengan model penggunaan yang praktis dan memiliki fungsi khusus dapat disebut gadget. Sebagai media mempermudah pekerjaan adalah beberapa fungsi utama dari perangkat ini.

Salah satu bagian dari perkembangan teknologi adalah Gadget yaitu yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Hampir menjadi kebutuhan primer, membersihkan virus di gadget perlu dilakukan agar gadget tetap awet dan tidak mudah rusak.

Tips Membersihkan Virus di Gadget

Pada dasarnya sebuah program yang dibuat dengan maksud mengacau atau membuat suatu sistem/program pada sebuah perangkat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya diberi nama virus. Virus memiliki tujuannya yang tentu berbeda-beda, tergantung motivasi si pembuatnya.

Tentu keberadaan virus sangat merugikan apapun itu tujuannya. Mengetahui cara membersihkan virus di gadget dengan baik amat penting bagi kita untuk mengetahuinya.

1. Menghapus Langsung Virusnya

Untuk membersihkan virus di gadget kamu bisa lakukan dengan menggunakan aplikasi Antivirus. Antivirus merupakan salah satu cara cara yang sangat ampuh dan dapat membersihkan virus di handphone secara total. Baik yang gratisan dan yang berbayar, saat ini sudah banyak antivirus yang khusus untuk smartphone.

Anti virus akan melakukan proteksi terhadap smartphone dan dengan menggunakan antivirus, smartphone kita akan lebih terlindung. Berdasarkan review pengguna yang sudah menggunakannya, kita bisa memilih untuk menggunakan antivirus yang terpercaya dan telah terbukti ampuh.

2. Apabila Kondisi Sudah Parah, Silahkan Reset Gadget

Cara membersihkan virus atau malware di gadget handphone kita adalah dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan me-reset gadget kita. Ketika virus tersebut susah diatasi dengan antivirus, dan juga tak dapat dihapus, daripada masalah ini menjadi hal lebih serius sebaiknya hal ini harus dilakukan.

Baca Juga  Mengungkap Teknologi Terkini pada Lie Detector

Tapi perlu diingat, sebelum melakukan step untuk mereset gadget. Sebaiknya segala data atau file yang sudah disimpan di dalam gadget lebih baik harus di back up. Karena biasanya, saat melakukan hard reset, semua data yang ada di dalam gadget akan terhapus, dan kembali pada kondisi awal dari pabriknya.

3. Menghapus Aplikasi yang Terjangkit Virus

Cara membersihkan virus di handphone yang pertama bisa kita lakukan dengan jalan menghapus aplikasi yang terjangkit virus dan aplikasi yang sekiranya telah rusak tersebut.

Ketika terkena virus pada gadget kita, gadget kita ketika dibuka akan menyebabkan lag dan crash pada gadget.  Kita dapat menindaklanjutinya dengan melakukan tips berikut ini.

  • Masuklah ke dalam Safe Mode
  • Cek aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam Safe Mode Kemudian hapuslah aplikasi yang tampak mencurigakan
  • Hapus juga akses administrator aplikasi asing Lalu keluar dari Safe Mode

4. Lakukan Flashing Sistem Operasi Handphone

Kita lakukan adalah dengan melakukan instal ulang (flashing) sistem operasi android sebagai cara terakhir untuk membersihkan virus secara total. Langkah ini adalah salah satu cara sangat amat ampuh menghapus virus dari handphone, dengan flashing maka sistem operasi android yang lama akan digantikan dengan yang baru.

5. Install Ulang Firmware

Jika sudah terlalu parah, maka cara menghapus atau membersihkan virus di gadget yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menginstall ulang Firmware. Untuk install ulang firmware di smartphone dibutuhkan orang yang ahli karena masalah firmware ini cukup sensitif.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah gadget cepat rusak atau tidak awet. Sebaiknya kita mulai mempraktekannya cara membersihkan virus di gadget yang benar sehingga gadget kita awet dan semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan lupa dicoba ya!.

Baca Juga  Tren Teknologi Terbaru dalam Dunia Pemrograman: Apa Sih yang Lagi Hits Buat Para Coder?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini