Mengulik Harddisk Sentinel, Alat untuk Optimalkan Kerja Hard Disk

Mengulik Harddisk Sentinel, Alat untuk Optimalkan Kerja Hard Disk
Mengulik Harddisk Sentinel, Alat untuk Optimalkan Kerja Hard Disk

Seiring berjalannya waktu dan kerapnya pemakaian komputer dalam kegiatan sehari-hari dapat membuat kerja hard disk menjadi lambat. Keberadaan harddisk Sentinel mampu mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja hard disk.

Bagamana cara alat ini menjaga hard disk agar selalu berada dalam kondisi baik? Simak penjelasan singkatnya berikut ini, Sob!

Cara Harddisk Sentinel Menjaga Kondisi Hard Disk

Harddisk Sentinel bekerja dengan memantau dan menganalisis hard disk mekanis (HDD) dan SSD, baik internal maupun eksternal. Alat ini juga kompatibel dengan kartu micro SD dan perangkat eMMC.

Hard disk Sentinel memberikan data status, suhu, dan semua nilai SMART (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology). Jadi sobat bisa tahu masa pakai hard drive dan kemungkinan masalah yang bisa muncul.

Alat ini bisa Sobat gunakan untuk mengenali dan memperbaiki masalah jika hard disk mengalami down maupun gagal kinerja. Teknologi ini dapat memperkirakan kegagalan HDD maupun SSD dengan mengecek nilai kritis hard disk.

HD Sentinel mampu mendeteksi kemungkinan kerusakan atau penurunan kinerja hard disk dengan melihat data kecepatan transfer disk secara real time. Bagaimana cara kerja program ini?

Cara Kerja HD Sentinel

Setelah aplikasi ini berjalan, dia akan memeriksa dan melakukan verifikasi keadaan HDD atau SSD. Jika HD Sentinel mendeteksi kesalahan atau ada perilaku tak biasa pada hard disk, maka akan muncul peringatan.

Peringatan ini berguna untuk sobat agar bisa langsung mengambil langkah antisipasi seperti membuat cadangan data agar aman dan tidak hilang.

Saat mengakses menu utama, pada bagian sidebar sobat akan menemukan keterangan mengenai hard disk. Data ini menunjukkan besarnya kapasitas, kondisi, dan nilai suhunya.

Sobat juga akan mendapatkan rincian total kapasitas dan ruang kosong yagng tersedia pada baris selanjutnya. Pada bagian tengah, terdapat rangkuman dari hard disk yang memuat informasi tentang keadaan, status kesehatan, serta kinerjanya.

Baca Juga  Macam-Macam Cleanser Ampuh dan Andalan Untuk Smartphone yang Wajib Diketahui

Sobat juga akan mendapatkan informasi pada bagian lain seperti suhu, nilai SMART, kinerja disk, peringatan, dan info lainnya.

Jika sobat ingin mengetahui kondisi suhu, silahkan klik menu “Temperatur.” HD Sentinel akan menampilkan suhu hard disk saat ini dan menginfokan suhu maksimum dan rata-rata untuk setiap disk.

Informasi ini dapat sobat gunakan sebagai acuan untuk memeriksa suhu maksimum yang terjadi jika hard disk mengalami beban kerja yang tinggi.

Menu penting yang bisa sobat lihat adalah “Kinerja disk.” Menu ini akan menampilkan kecepatan transfer. Menu ini memuat informasi tentang total data yang dibaca dan ditulis, rata-rata data harian yang dibaca dan ditulis, dan sebagainya.

Terdapat menu yang menarik, yaitu “Uji Permukaan.” Tes ini akan melakukan verifikasi apakah semua bagian hard disk gampang diakses tidak memengaruhi penyimpanan data.

Uji ini juga mengukur waktu transfer semua bagian pada hard disk. Tujuannya adalah untuk mengetahui area mana yang paling lambat kinerjanya.

Melihat cara kerja HD Sentinel yang sangat bagus dalam memeriksa kondisi hard disk, para sobat tentu ingin mendapatkan aplikasi ini. Bagaimana cara mendapatkannya?

Cara Mendapatkan Harddisk Sentinel

HD Sentinel adalah perangkat lunak berbayar. Namun, sobat dapat mengunduh versi uji coba untuk melakukan pengetesan.

Versi uji coba ini berguna untuk memeriksa, menguji fungsi, dan melakukan verifikasi apakah telah kompatibel dengan hard disk. Versi terbaru yang tersedia adalah 5.61.

Jika sobat memilih untuk membeli lisensi, maka Harddisk Sentinel terdiri atas ti tiga versi berbeda: Standar, Profesional, dan Perusahaan. Jangan asal beli, pilihlah yang benar-benar sobat butuhkan!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini