Tips Cara Merawat Gadget Agar Awet3 min read

Tips Cara Merawat Gadget Agar Awet
Tips Cara Merawat Gadget Agar Awet
Waktu Baca: 2 menit

Cara Merawat Gadget – Perangkat atau komponen elektronik dengan model penggunaan yang praktis dan memiliki fungsi khusus dapat disebut gadget. Sebagai media mempermudah pekerjaan, alat komunikasi ataupun sebagai media hiburan dan lain sebagainya adalah beberapa fungsinya.

Salah satu bagian dari perkembangan teknologi adalah Gadget yaitu yang selalu menghadirkan teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Hampir menjadi kebutuhan primer, Merawat Gadget perlu dilakukan agar gadget tetap awet dan tidak mudah rusak.

Tips Merawat Gadget

Sekarang ini handphone tidak ubahnya seperti kebutuhan primer. Penggunaan HP seringnya bisa membuatnya rentan rusak apalagi jika penggunaannya terlalu diporsir dan serampangan.

Layarnya yang retak, boros baterai, sistem operasinya yang mulai lemot, sampai sering nge-hang saat digunakan adalah contoh kerusakan handphone. Mengetahui cara Merawat Gadget terutama handphone dengan baik amat penting bagi kita untuk mengetahuinya.

1. Bersihkan Secara Berkala

Salah satu yang perlu kita lakukan sebagai pengguna handphone adalah menjaga kebersihan handphone. kita bisa membersihkan handphone secara berkala. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan tisu kering atau tisu yang ditetesi alkohol untuk membersihkan permukaan atau bagian luar handphone.

Ingatlah untuk tidak menggunakan air, tisu basah, atau pembersih lain yang akan membuat handphone menjadi lembab dan mungkin rusak.

2. Isi Daya sesuai Kebutuhan

Untuk menjaga baterai agar tetap awet dan tidak mengalami overheating, kita bisa mengisi baterai handphone sesuai kebutuhan. Pengguna banyak yang mengisi daya di malam hari hingga ketiduran dan baru pagi hari dicabut.

Meski baterai handphone sekarang dilengkapi dengan teknologi pintar untuk memutus aliran listrik saat pengisian daya telah selesai, sebaiknya hindari mengisi baterai semalaman.

Baca Juga  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

3. Simpan di Tempat yang Aman

Pastikan untuk menaruh handphone di tempat yang aman saat sedang tidak digunakan. Pengguna juga perlu memastikan agar tempat penyimpanan tidak membuat handphone terjatuh atau terinjak.

Selain itu, pastikan juga untuk menjauhkan handphone dari jangkauan anak-anak, sebab hal ini berpotensi membuat handphone jatuh atau terbanting dan rusak.

Salah satu tempat yang aman untuk menyimpan handphone adalah di atas meja atau rak buku. Jangan menyimpan handphone di tas atau wadah tertutup dalam jangka waktu lama. Hal ini lantaran mengisi daya handphone dalam wadah tertutup memiliki potensi terbakar dan mempersingkat daya tahan baterai.

4. Perhatikan Kondisi Baterai

Patikan untuk Merawat Gadget dengan memperhatikan kondisi baterai. Baterai handphone terletak di dalam bodi handphone dan terlindung dengan material metal, plastik, atau kaca. Kendati begitu, pengguna perlu memastikan agar baterai handphone selalu kering.

Sebaiknya jangan menelepon dengan handphone di bawah tetesan hujan, jangan makan atau minum di dekat handphone, dan hindari membawanya ke dekat tempat air terbuka seperti pantai dan toilet.

5. Pasang Casing dan Pelindung Layar

Handphone perlu dilindungi agar saat jatuh body tidak baret dan layarnya tidak pecah. Salah satu cara yang cukup umum adalah membeli casing handphone dan pelindung layar.

Dengan casing dan pelindung layar, handphone kita bakal terlindung dari benturan atau goresan yang bisa merusak tampilannya.

Kedua aksesoris handphone ini pun banyak ditemukan baik di toko online maupun toko aksesoris gadget. kita bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah gadget cepat rusak atau tidak awet. Sebaiknya kita mulai mempraktekannya cara Merawat Gadget yang benar sehingga gadget kita awet dan semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan lupa dicoba ya!.

Baca Juga  Mengenal Artificial Intelligence Teknologi Masa Depan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini