5 Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar3 min read

Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar
Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar
Waktu Baca: 2 menit

Komputer sendiri telah menjadi komponen penting dalam kehidupan kita dimana didunia yang serba digital ini semua serba online dan Komputer hampir menjadi kebutuhan primer bagi mahasiswa dan pelajar. Sangat membantu jika kita tahu cara Merawat Komputer. Akan merepotkan komputer rusak ketika sedang dibutuhkan.

Alat yang digunakan dan berfungsi mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan secara otomatis secara umum dinamakan Komputer.

Ada juga yang berpendapat bahwa definisi komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari serangkaian komponen yang saling terhubung dan dapat melakukan bekerja secara otomatis sesuai dengan program yang diperintahkan, sehingga informasi yang dibutuhkan didapatkan dari pengolahan data.

Cara Merawat Komputer

Menjaga komponen-komponen komputer baik itu berupa hardware maupun berupa software dari hal-hal yang dapat membahayakan komputer adalah salah satu cara untuk perawatan komputer.

Dengan mengetahui Cara Merawat Komputer yang maksimal, baik itu perawatan secara hardware maupun perawatan secara software komputer. Perawatan secara berkala adalah bagus tapi akan lebih baik bila dilakukan setiap selesai menggunakan.

Lebih baik untuk segera membersihkan file-file sampah yang tersimpan di harddisk setiap selesai mengoperasikan software aplikasi karena nantinya akan mengakibatkan komputer menjadi lambat yang akan akan mengganggu pekerjaan user. Lebih lanjut, dibawah ini caranya.

  1. Jangan Meletakkannya di Permukaan Lembut

Mengerjakan tugas atau bermain game terkadang dilakukan sambil duduk di atas tempat tidur. Komputernya pun diletakkan di atas bantal agar lebih nyaman dipegang. Ternyata cara seperti ini bisa berbahaya untuk komputer. Karena aliran udara di bagian bawah komputer akan terhambat dan menjadi cepat panas.

  1. Jangan Meletakkannya di Tempat yang Panas
Baca Juga  Menghilangkan Rasa Cemas Pemberitaan Buruk COVID-19

Sama seperti ponsel, komputer juga tidak boleh diletakkan di tempat yang panas. komputer yang langsung terkena sinar matahari bisa membuatnya cepat panas. Jauhkan juga dari benda-benda panas, seperti rice cooker. Letakkan komputer di tempat-tempat yang bersuhu normal.

  1. Benda jangan diletakkan di Antara Keyboard dan Layar

Jangan letakkan benda apapun apalagi jika berat di antara keyboard dan layar. Apalagi benda-benda tajam seperti pulpen, pensil, dan penggaris. Benda seperti itu bisa membuat layar menjadi tergores. Apabila terdapat banyak goresan pada layar komputer, kita juga tidak bisa melihat tulisan dengan jelas.

Layar dapat menjadi semakin tipis apabila terdapat banyak goresan sehingga diakibatkan layar menjadi mudah retak.

  1. Jauhkan dari Benda Cair

Jauhkan benda benda cair dari sekitar komputer. Usahakan jangan makan dan minum saat menggunakan komputer. Dikhawatirkan nantinya kalau air itu masuk ke dalam sela-sela keyboard, air akan lebih mudah masuk ke mesin komputer. Apabila itu terjadi, maka kerusakan dapat fatal.

  1. Jangan Mengunduh Sembarangan

Internet menyediakan banyak sekali gambar, lagu, video, game, maupun aplikasi. Disamping itu terdapat kekhawatiran, mengunduh file dari laman yang tidak bisa dipercaya malah akan membawa virus masuk ke komputer.

Salah satu cara Merawat Komputer yang baik yaitu ketika kita tetap ingin mengunduh dari internet, sebaiknya pasang antivirus lebih dulu. Jadi, komputer akan terhindar dari virus dan kerusakan lainnya.

Itulah beberapa tips tips yang sekiranya dapat diterapkan dan digunakan setiap hari. Semoga setelah kita menerapkan beberapa tips tips cara Merawat Komputer dari, komputer kita menjadi lebih awet dan bebas dari antivirus sehingga pekerjaan kita pun lancar dan tidak akan terhambat akibat kerusakan komputer nantinya.

Baca Juga  Smart Meter PLN? Pengganti Meteran Listrik Konvensional

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini