Pengertian Facebook Ads dan Cara Menggunakannya3 min read

Pengertian Facebook Ads dan Cara Menggunakannya - Amantra Creative
Pengertian Facebook Ads dan Cara Menggunakannya - Amantra Creative
Waktu Baca: 2 menit

Pengertian Facebook Ads – Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna tinggi. Tentunya hal ini menjadi peluang emas bagi para pebisnis online untuk semakin kencang mempromosikan bisnisnya di Facebook. Utamanya di Facebook Ads.

Sejak Facebook kondang digunakan sebagai media jualan online, akhirnya memantik ide untuk tempat iklan tersendiri. Facebook khusus untuk iklan ini adalah fitur beriklan yang ditawarkan Facebook dengan jangkauan target yang lebih luas.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Semakin hari pengguna Facebook Ads semakin banyak. Hal ini tidak terlepas dari sekian banyak keuntungan yang akan didapatkan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain;

1. Budget Dapat Disesuaikan

Jumlah budget memegang peranan penting dalam sebuah bisnis. Melalui fitur Facebook ini, budget tersebut dapat diatur sesuai dengan iklan yang dibuat. Iklan untuk fitur ini biasany lebih murah dibandingkan dengan iklan jenis konvensional.

2. Jangkauan Target yang Luas

Pengguna platform Facebook semakin meningkat dari hari ke hari. Setidaknya dengan jumlah tinggi jangkaun beriklan akan semakin tinggi pula. Beriklan secara digital memungkinkan untuk menjangkau seluruh lokasi bahkan hingga dunia.

3. Dapat Menjadi Analisa Lanjutan

Mendapatkan data dari beriklan di Facebook Ads adalah hal yang penting. Mulai dari impresi, jangkauan, conversion rate dan lainnya bisa digunakan untuk analisa lebih lanjut.

Mengukur parameter keberhasilan juga bisa dilihat dari cara beriklan yang tepat dan efektif. Semakin tepat iklan yang dibuat akan semakin berpeluang memetik keberhasilan dalam berbisnis.

4. Meningkatkan Brand Awarness

Pengguna Facebook biasanya akan memeriksa news feed hingga beberapa kali dalam sehari. Ini bisa jadi peluang untuk meningkatkan pemasangan iklan. Bahkan jika iklan yang terpasang bisa menarik perhatian dan kepercayaan.

Baca Juga  Kisaran Harga Promosi Digital Untuk Bisnismu

Cara Membuat Iklan di Facebook

Untuk membuat iklan di Facebook Ads pada dasarnya tidak terlalu rumit. Hampir sama dengan beriklan di Facebook biasa. Untuk beriklan di sana terdapat 4 langkah pembuatan iklan yang harus diperhatikan, yaitu;

1. Membuat Laman Facebook

Langkah awalnya adalah membuat halaman Facebook dengan cara log in ke platform tersebut dan pilih menu halaman. Buat halaman baru yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Lengkapi setiap informasi yang dibutuhkan dan bisa memulai pembuatan iklan. Mulai dari nama, jenis iklan, teks hingga informasi lainnya. Kelengkapan akan sangat membantu efektifnya sebuah iklan.

2. Log In Ke Facebook Ads Manager

Cara selanjutnya adalah masuk ke laman Facebook Ads manager dan log in dengan akun Facebook. Laman inilah yang akan digunakan untuk mengelola iklan selama memakai fitur tersebut. Cara yang cukup praktis dan efisien.

3. Buat Iklan yang Sesuai

Setelah memiliki laman khusus untuk beriklan, langkah selanjutnya tentu adalah membuat iklan dan menentukan kampanye iklan. Pada tahap ini penting juga untuk membuat anggaran, jadwal kapan sebaiknya iklan tayang hingga target audience.

Untuk bahan iklan sendiri, buat iklan sesuai format yang diinginkan. Pilih juga gambar atau video sesuai keinginan. Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi gambar sesuai anjuran Facebook.

Gambar dengan banyak teks berpeluang mengalami penurunan penayangan atau  terancam tidak ditayangkan sama sekali. Untuk itu melakukan pengecekan pun sangat penting.

4. Lakukan Pembayaran

Langkah terakhir dalam tata cara membuat iklan di Facebook adalah menunaikan pembayaran. Masukkan data kartu kredit atau debit sesuai dengan ketentuan. Ikuti setiap langkah pembayaran yang tersedia. Sampai di sini caranya telah selesai.

Baca Juga  Tips Agar Tidak Terjerumus Berita Hoax, "Saring Sebelum di Share"

Hadirnya Facebook Ads semakin membantu para pelaku bisnis online yang memang fokus menjalankan bisnisnya lewat Facebook. Cara pembuatan iklan yang mudah dan tidak menuntut budget tinggi juga menjadi keuntungan tersendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini