Smart Meter PLN? Pengganti Meteran Listrik Konvensional

Smart Meter PLN
Smart Meter PLN

Amantra Bali – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dikabarkan akan mengimplementasikan penggunaan smart meter. Lantas, apa itu smart meter PLN?

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, PLN berencana mengaplikasikan smart meter untuk pencatatan meter pelanggan. Hal ini sejalan dengan telah dilakukannya penandatanganan kontrak kerja sama antara PLN dan State Grid Corporate of China (SGCC) tentang pengadaan Manage Services (sewa beli) Advance Metering Infrastructure (AMI).

Penandatanganan tersebut pun membuat rencana penerapan smart meter PLN yang telah digaungkan sejak tahun lalu ini semakin dekat. Lalu, apa itu smart meter PLN? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Apa Itu Smart Meter PLN?

Smart meter PLN adalah sebuah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk melacak dan mencatat penggunaan listrik oleh pelanggan. Smart meter ini akan membantu proses pencatatan konsumsi listrik secara otomatis di mana datanya nantinya akan dikirimkan langsung ke perseroan dan juga perangkat pelanggan.

Pada dasarnya, smart meter memiliki fungsi yang sama seperti meteran listrik konvensional yakni untuk mengukur dan mencatat konsumsi daya. Namun bedanya, smart meter ini memiliki kemampuan untuk memberikan informasi penggunaan daya secara digital ke perangkat baik pelanggan maupun perusahaan (PLN).

Dengan smart meter ini, pelanggan PLN dapat memperoleh laporan penggunaan listrik yang lebih akurat, sehingga pelanggan dapat mengatur penggunaan listriknya secara efisien sesuai kebutuhan.

Smart meter merupakan bagian dari infrastruktur AMI seperti yang diadakan oleh PLN dan SGCC. AMI merupakan bagian utama dari smart grid. Adapun smart grid merupakan jaringan listrik yang terkoneksi secara digital yang dapat membantu pelanggan mengatur dan mengelola kebutuhan listrik.

Pilar smart grid ini dapat diwujudkan dengan mengimplementasikan smart meter. Kehadiran smart grid ini merupakan komitmen PLN dalam menjaga kendala sistem jaringan dan infrastruktur kelistrikan di tengah pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga  5 Etos Kerja Jepang Yang Bisa Kamu Terapkan

Selain akan diterapkan di Indonesia, smart meter ini juga sudah lebih dulu diterapkan di beberapa negara seperti China dan India. Smart meter ini dapat membantu mengelola konsumsi listrik pelanggan dengan lebih efisien karena berbasis digital.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini