Ritme Ultradian, 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat2 min read

Ritme Ultradian 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat
Ritme Ultradian 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat
Waktu Baca: 2 menit

Ritme Ultradian atau Basic Rest Activity Cycle ini diperkenalkan oleh Nathaniel Kleitman yaitu mekanisme fisiologis pada manusia yang terjadi juga selama tidur dan terjaga.

Secara empiris, ini adalah ritme ultradian sekitar 90 menit (80-120 menit) yang ditandai dengan tingkat kegembiraan dan istirahat yang berbeda. Siklus tersebut ada pada saat jam biologis manusia. Ini paling mudah diamati pada tahap tidur.

Otak yang Anda miliki merupakan pusat pemecahan masalah, pengelola perasaan, perilaku, kebijaksanaan, dan tempat Anda menyimpan berbagai kenangan yang pernah dilalui.

Hal yang jarang dipahami oleh banyak orang adalah tidak semua dari mereka mampu mengoptimalkan potensi otak saat bekerja atau belajar.

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan kemampuan otak untuk bekerja dan belajar?

Metode 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat

Ritme Ultradian 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat
Ritme Ultradian 90 Menit Aktivitas dan 20 Menit Beristirahat

Ritme Ultradian ini terjadi pada interval 90 -100 menit sepanjang hari dan inilah periode dimana Anda mengalami produktivitas yang tinggi.

Cara terbaik untuk memanfaatkan ritme ultradian adalah mulai mengerjakan tugas selama 90 menit tanpa adanya gangguan.

Selanjutnya, Anda bisa mengambil waktu beristirahat selama 20 menit dan selanjutnya bekerja lagi selama 90 menit tanpa gangguan.

Dengan mengikuti interval waktu seperti contoh di atas, maka Anda bisa menggunakan potensi penuh dari otak.

Kemampuan Anda melatih fokus sama seperti membangun otot, semakin banyak Anda melatihnya, maka akan semakin baik dan fokus.

Hal yang penting untuk diingat adalah jangan hanya fokus dan bekerja tanpa gangguan selama 90 menit. Anda juga harus bisa mengoptimalkan waktu selama 20 menit yang disediakan untuk beristirahat.

Manfaatkan waktu selama 20 menit tersebut untuk mengisi ulang energi dengan cara yang tepat.

Baca Juga  Mengoptimalkan Pertanian Hidroponik dengan Teknologi AI dengan Metode Machine Learning (Part 1)

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat beristirahat adalah dengan melakukan suatu hal yang berbeda dari kerja otak sebelumnya. Misalnya saja berjalan-jalan, melakukan meditasi, tidur siang selama 20 menit, dan lain sebagainya.

Jangan sampai sikap Anda yang termotivasi untuk bekerja dan belajar membiarkan Anda tidak melakukan istirahat yang penting untuk dilakukan.

Dengan adanya pembagian waktu yang tepat untuk beraktivitas dan beristirahat, maka Anda telah membuat komitmen pada diri sendiri untuk sepenuhnya fokus pada satu tugas yang penting.

Jika ada dorongan untuk membuka website atau memeriksa email saat sedang bekerja dan belajar, maka Anda telah mengetahui bahwa hal tersebut bisa dilakukan dalam waktu istirahat nanti.

Pentingnya Mengelola Energi yang Anda Miliki

Saat Anda bekerja atau belajar, satu hal yang penting adalah berapa banyak energi yang Anda miliki agar bisa melakukannya dengan optimal.

Waktu yang Anda miliki tidak akan bisa digunakan jika Anda tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas.

Hal di atas menunjukkan bahwa tubuh Anda sangat membutuhkan istirahat dan jangan pernah memaksa diri melakukan aktivitas sepanjang hari tanpa adanya istirahat.

Metode 90 menit dan 20 menit seperti contoh di atas bisa Anda lakukan saat akan bekerja atau saat akan fokus belajar suatu keterampilan.

 

sumber:

  1. wikipedia (Basic rest–activity cycle),
  2. koin work (Belajar dan Bekerja dengan Optimal Menggunakan Metode 90 Menit)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini